Pakai Jasa Kontraktor Rumah Atau Pemborong Bangunan?

Mungkin saat ini Anda tidak memiliki dana yang terlalu besar untuk mewujudkan mimpi membeli rumah hingga anda harus melakukan bangun rumah murah sendiri tapi tetap dengan hasil yang tidak mengecewakan dan bagus sesuai dengan harapan anda, atau mungkin Anda ingin melakukan renovasi rumah murah.

bangun rumah murah 300x160 Bangun Rumah Murah? Pakai Jasa Kontraktor Rumah Atau Pemborong Bangunan?Bila seperti itu kondisi Anda, sedang anda tidak punya kemampuan maupun waktu untuk membangun sendiri rumah anda, mau tidak mau anda harus memilih apakah akan memakai jasa kontraktor rumah (kontraktor bangunan) atau pemborong bangunan untuk mengerjakan bangun rumah murah yang anda inginkan.

Jasa-Kontraktor-Rumah-Atau-Pemborong-Bangunan

Namun untuk memutuskan mana yang harus dipilih untuk mengerjakan proyek bangun rumah murah atau renovasi rumah murah anda bukanlah hal yang mudah karena anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang krusial dan beresiko. Untuk itu, ada baiknya anda menyimak keuntungan dan kerugian memakai jasa kontraktor rumah (kontraktor bangunan) dan jasa pemborong bangunan.

Sebelumnya mari kita lihat pengertian dan definisi dari kontraktor rumah atau kontraktor bangunan dan pemborong bangunan itu sendiri.

Ditilik dari sisi arti kata dalam bahasa Indonesia, kata “Kontraktor” dan “Pemborong” dalam bahasa Indonesia sebenarnya memiliki kesamaan sinonim yaitu pelaksana proyek/pekerjaan dengan sistim paket. Berbeda dengan pelaksana proyek yang bersifat/menganut sistim (pekerja) harian yang biasa disebut “Tukang”, kontraktor maupun pemborong sama-sama bekerja dengan sistim paket pekerjaan yang diikat dalam suatu kontrak kerja yang jelas antara pihak pemilik proyek dengan pihak pelaksana proyek, dalam hal ini kontraktor atau pemborong. Ini adalah definisi yang didasarkan pada tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tetapi pengertian yang umumnya dipahami masyarakat di Indonesia ternyata agak berbeda, dimana kata “Kontraktor” itu diartikan sebagai suatu bentuk badan usaha resmi (legal) yang biasanya berbentuk PT, CV, atau bentuk badan usaha lainnya yang dilengkapi dengan surat-surat dan dokumen resmi yang menunjukkan keabsahannya, atau bisa pula berupa sebuah kelompok beranggotakan lebih dari satu orang  yang membentuk sebuah team pelaksana pekerjaan proyek dan dilengkapi dengan sebuah aturan dan manajemen usaha yang jelas dan tertata rapih.

Sedangkan kata “Pemborong” bagi masyarakat kebanyakan sering diartikan sebagai bentuk usaha yang bersifat perorangan dan biasanya dipimpin oleh satu orang yang sekaligus sebagai pemiliknya. Sebagai contoh, sering terjadi seseorang yang sebenarnya adalah seorang tukang suatu ketika menyatakan bahwa dirinya adalah pemborong bangunan karena kebetulan dipercaya untuk mengerjakan suatu proyek bangun rumah dan dia mengkoordinir sendiri timnya yang merupakan sekumpulan tukang-tukang yang menganggapnya sebagai pemimpinnya. Hal-hal seperti itulah yang pada akhirnya menimbulkan persepsi di masyarakat bahwa Pemborong Bangunan identik dengan pelaksana “perorangan”.

Bangun Rumah Murah Oleh Kontraktor Rumah Atau Kontraktor Bangunan

Keuntungan membangun rumah menggunakan jasa kontraktor bangunan atau kontraktor rumah cukup signifikan karena umumnya Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membiayai pelaksanaan pembangunan rumah anda, dimana anda dapat menyesuaikannya dengan biaya bangun rumah murah yang anda targetkan. Selebihnya adalah urusan dan tanggung jawab kontraktor yang memiliki kondisi sebagai berikut:

1. Umumnya memiliki Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga anda dapat mengetahui perkiraan total biaya bangun rumah yang akan dikeluarkan, dengan demikian memungkinkan persiapan biaya bangun rumah murah atau renovasi rumah murah yang tertarget.
2. Memiliki gambar desain arsitektur dan gambar kerja sebagai acuan pelaksanaan di lapangan sehingga dapat mengurangi resiko kesalahan yang dapat menggagalkan upaya untuk memperoleh bangun rumah murah.
3. Anda tidak harus terlalu sering melakukan pengawasan dilapangan karena sudah dilakukan oleh personil dari pihak kontraktor rumah (kontraktor bangunan)yang lebih berkompeten.
4. Anda tidak perlu membeli atau menyediakan material yang dibutuhkan di lapangan.
5. Anda tidak menanggung resiko apabila ada bahan material yang hilang dari proyek.
6. Anda tidak perlu memikirkan persoalan teknis konstruksi dan pemasangan.
7. Ada masa pemeliharaan yang biasa disebut retensi selama 3 (tiga) bulan dari kontraktor rumah atau kontraktor bangunan yang anda pilih, dimana apabila selama masa pemeliharaan ada pekerjaan yang hasilnya kurang baik, Anda bisa minta kontraktor untuk memperbaikinya lagi tanpa biaya tambahan, dengan demikian tidak akan mengganggu target biaya bangun rumah murah atau renovasi rumah murah anda.

Kerugiannya:

1. Hampir tidak ada, karena praktis anda hanya perlu menyiapkan biaya yang dapat disesuaikan dengan target biaya bangun rumah murah atau renovasi rumah murah yang anda tetapkan.
2. Kalaupun ada, kerugiannya adalah bila anda kebetulan menggunakan jasa kontraktor rumah yang “nakal”, tetapi hal itu dapat diantisipasi sejak awal pemilihan jasa kontraktor rumah yang akan anda pilih.

Bangun Rumah Murah Oleh Pemborong Bangunan

Bila ditinjau dari sisi biaya bangun rumah murah atau renovasi rumah murah yang menjadi target anda, dengan menggunakan jasa pemborong bangunan yang umumnya merupakan usaha perorangan yang dijalankan dan dikendalikan oleh satu orang, masih dimungkinkan memperoleh penghematan biaya bangun rumah, namun dengan catatan harus memenuhi syarat atau kondisi sebagai berikut:

1. Apabila Anda punya cukup waktu luang sehingga dapat mengawasi sendiri serta membeli material yang diperlukan di lapangan selama pembangunan.
2. Apabila Anda atau si pemborong bangunan mampu membuat sendiri Rencana Anggaran Biaya (RAB).
3. Apabila Anda atau si pemborong bangunan mampu membuat atau memiliki gambar desain arsitektur dan gambar kerja sebagai acuan pelaksanaan di lapangan untuk memperkecil resiko kesalahan di lapangan.
4. Apabila Anda atau si pemborong bangunan menguasai tata cara dan tahapan-tahapan proses pembangunan rumah.
5. Apabila Anda menguasai teknis konstruksi dan pemasangan di lapangan, jangan hanya sekedar mengikuti saran mandor dari pihak pemborong.
6. Apabila mandor dari pihak pemborong bisa dipercaya dan tukang-tukangnya berkualitas baik.
7. Pelaksanaan pekerjaan pembangunan dilakukan dengan total borongan upah kerja, sedangkan material merupakan tanggung jawab Anda untuk menyediakannya.
8. Apabila Anda dapat menahan diri dalam pemilihan dan penggunaan material serta tetap konsisten dengan disain awal, agar biaya pembangunan tidak membengkak.

Namun apabila Anda maupun pemborong pilihan anda tidak memiliki kondisi sesuai dengan hal-hal yang disebutkan di atas, maka Anda akan dihadapkan dan memiliki Risiko Tinggi atas kerugian-kerugian atau pembengkakan biaya sehingga harapan anda untuk dapat mewujudkan bangun rumah murah atau renovasi rumah murah tapi bagus seperti keinginan anda kemungkinan besar tidak akan terwujud.

Di akhir artikel ini, kami ingin menyampaikan bahwa artikel ini dibuat tanpa bermaksud mendiskreditkan siapapun atau salah satu pihak karena sesungguhnya artikel ini dibuat berdasarkan pendapat umum dan persepsi masyarakat kebanyakan yang ada di Indonesia dan sebelumnya telah kami buktikan sendiri dengan berbagai cara pengumpulan pendapat yang kami lakukan namun tidak kami publikasikan dengan alasan tertentu.

Terima Kasih sudah mengunjungi website Ilmu Tukang Bangunan Rumah dan membaca artikel tentang : Pakai Jasa Kontraktor Rumah Atau Pemborong Bangunan?, jika informasi ini membantu dan bermanfaat share ke teman, kerabat, saudara. Terima Kasih

Ilmu Tukang Bangunan Yang Lain: