Tips & Trik Memasang Konblok Pada Rumah

Di labur pasir agar tak goyah. Konblok tak hanya untuk trotoar. Ia cocok juga untuk lantai garasi atau selasar. Berikut kami sajikan cara mudah memasangnya.

Anda pun bisa memasang konblok untuk lantai garasi dan selaras dirumah. Prosesnya sederhana, tak perlu tukang berpengalaman. Yang penting, permukaan rata dan lurus.

Tips-Trik-Memasang-Konblok-Pada-Rumah

Tentulah untuk membuatnya lurus kita perlu menghitung level ketinggiannya. Dasarnya pun perlu diratakan agar diperoleh permukaan yang datar dan rata. Setelah itu, pekerjaan pemasangan bisa dimulai. Prosesnya mirip memasang puzzle. Setelah selesai, tebarkan pasir sebagai pengikat. Beres.

Mau tahu uraikan lebih lengkap? Baca langkah-langkah berikut !!!

Bahan dan alat
:

1. konblok tebal 6cm, pasir
2. Pisau gerinda, stamper plate (alat perata), waterpass, kaso (laveling).

Langkah pengerjaan

1. Periksa kelurusan permukaan lantai. Untuk mengeceknya, gunakan waterpass. Setelah rata, tentukan level atau tinggi konblok yang akan dipasang, misalnya 20cm dari permukaan tanah.

2. Taburkan pasir kasar menutup permukaan tanah lantai carport. Pastikan ketinggian pasir sesuai dengan ketinggian level yang sudah di hitung tadi. lalu, ratakan pasir menggunakan kaso atau alat lainnya seperti papan yang memiliki permukaan rata.

3. Pasangkan konblok secara merata. Mulailah dari bagian tepi kearah tengah. Arah pemasangan berlawanan dengan arah mengepel lantai. pasang konblok satu persatu. Pastikan kerataannya.

4. Potonglah konblok jika dibutuhkan, misalnya pada bagian sudut dan tepi. Potong menggunakan alat potong atau gerinda. Sebaiknya, ukur dan beri tanda sebelum melakukan pemotongan.

5. Padatkan konblok dengan menggunakan mesin perata lantai (stamper plate). Lakukan perlahan hingga konblok terpasang dan terikat. Isi nat dengan pasir halus, lalu diratakan ulang.

Anda perlu tahu

1. Pastikan permukaan tanah tidak terdapat batu kerikil, paku, atau kawat yang dapat mengganggu daya rekat pasir dengan konblok. Cek dan cek ulang hingga permukaannya bersih.

2. Sebaiknya, gunakan pasir laut yang hitam pekat. Pasir laut memiliki daya rekat kuat. Cocok sebagai pengikat antar konblok.

3. Hati-hati dalam pekerjaan memotong konblok. sebaiknya gunsksn kaca mata dan sarung tangan agar serpihan tak melukai tubuh anda.

Terima Kasih sudah mengunjungi website Ilmu Tukang Bangunan Rumah dan membaca artikel tentang : Tips & Trik Memasang Konblok Pada Rumah, jika informasi ini membantu dan bermanfaat share ke teman, kerabat, saudara. Terima Kasih

Ilmu Tukang Bangunan Yang Lain: