Cara dan Teknis Kerja Membuat Bekisting Sloof Bangunan

Cara dan Teknis Kerja Membuat Bekisting Sloof  Bangunan :

1. Sloof yang dipasang Duduk diatas Tanah langsung (Sloof Duduk diatas Tanah)

a. Setelah Besi Sloof dipasang (dirangkai) diatas Tanah, Papan/Tripleks Bekisting Sloof dipasang Tegak di kedua Sisi Luarnya (Beri Jarak 2,5 s/d 3 cm) untuk Selimut Beton. Lalu Papan/Tripleks Bekisting tersebut diperkuat dengan Skor Kayu agar tidak rusak dan pecah pada saat pengecoran

b. Pemasangan Bekisting Sloof bisa juga dilakukan sebelum Besi Tulangan Sloof dipasang. Lalu diperkuat dengan Skor Kayu pada jarak tertentu agar Bekisting tersebut kuat dan (tidak rusak saat pengecoran).

Cara dan Teknis Kerja Membuat Bekisting Sloof  Bangunan

2. Sloof yang dipasang Gantung (tidak duduk diatas Tanah)

a. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena Tapak Sloof (bottom) yang kita rencanakan ternyata lebih tinggi dari Permukaan Tanah yang ada.

Cara dan Teknis Kerja Membuat Bekisting Sloof  Bangunan

b. Bekisting dibuat dengan terlebih dahulu membuat Papan/Tripleks pada Bagian Bawah Sloof (gantung diatas Tanah) dan disokong ke Tanah agar tidak melendut (melengkung). Lalu Papan/Tripleks  dipasang pada kedua Sisi Dindingnya (kiri dan kanan), yang kemudian diperkuat dengan Skor Kayu pada semua sisi yang dianggap perlu (agar Bekisting tersebut kuat dan tidak rusak pada saat pengecoran).

Terima Kasih sudah mengunjungi website Ilmu Tukang Bangunan Rumah dan membaca artikel tentang : Cara dan Teknis Kerja Membuat Bekisting Sloof Bangunan, jika informasi ini membantu dan bermanfaat share ke teman, kerabat, saudara. Terima Kasih

Ilmu Tukang Bangunan Yang Lain: